Memasang Domain Khusus Pada Blog Tumblr

Advertisement
Advertisement
Brosis, kali akriko mau sedikit cerita tentang cara memasang domain khusus pada blog tumblr, kebetulan akriko punya domain yang nganggur, akhirnya akriko coba-coba untuk memasang akrikoshop.com di blog tumblr akriko. Sebenarnya dulu akrikoshop.com itu rencananya akriko pakai untuk buka lapak atau jualan online, karena batal, terpaksa domainnya nganggur hampir setahun. Kemarin akriko iseng-iseng mencoba memasukkan akrikoshop.com ke blog tumblr akriko, ternyata caranya sangat mudah dan harus sabar menunggu 1x24 jam domain khusus bisa terpasang di blog tumblr akriko.tumblr.com.

Berikut ini akriko akan jelaskan langkah-langkah cara memasang domain khusus pada blog tumblr, yang pertama tentu kamu harus punya domain khusus, kalau belum punya silakan beli dulu ditempat penyedia layanan domain khusus atau hosting. Setelah domain kamu aktif dan siap untuk dipakai maka mulailah setting DNS (Domain Name System) kamu tempatnya di Cpanel, biasanya kamu akan dapat akun dari tempat kamu membeli domain, silahkan lihat gambar di bawah ini, silahkan setting DNS kamu sesuia gambar di bawah:
Pertama pilih CNAMe (Alias) kemudian masukkan alamat domains.tumblr.com kemudian simpan. Kedua pilih A (address) kemudian masukkan angka 66.6.44.4 seperti yang terlihat pada gambar di atas, kemudian simpan lagi. Setelah selesai setting DNS maka sekarang beralih ke blog tumblr, masuk ke tumblr kemudian cari setting seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:
Silahkan klik logo orang itu, maka akan kelihatan seperti gambar di atas, kemudian kamu pilih setting, setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:
Kemudian kamu klik tombol yang ada di sebelah kiri dari tulisan Use a Custom Domain, setelah kamu klik maka tampilan akan berubah seperti gambar di bawah ini:
Tombol yang tadi berwarna gelap, sekarang berubah menjadi biru dan ada kolom dibawahnya tempat memasukkan nama domain khusus. Silakan masukkan domain khusus kamu seperti http://www.akrikoshop.com (hanya sebagai contoh, silakan sesuaikan dengan nama domain khusus kamu). Setelah selesai memasukkan nama domain, silakan klik tulisan Test domain, setelah berhasil maka akan muncul tulisan it's good, seperti gambar di bawah ini:
Jika tulisan test domain sudah berubah menjadi it's good maka silakan klik save untuk menyelesaikan proses pengalihan domain khusus ini dan blog tumblr kamu sekarang sudah memakai domain khusus tadi, Nah mungkin hanya itu cerita kali ini tentang cara Memasang Domain Khusus Pada Blog Tumblr, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Catatan: Kemungkinan bisa gagal saat memasukkan domain khusus ini, karena seperti yang akriko alami, kemarin tanggal 15 Januari 2015 akriko setting DNS kemudian akriko langsung coba pakai domain khusus itu di tumblr, ternyata gagal mungkin karena belum teregister oleh tumblr. Kemudian keesokan harinya tanggal 16 januari 2015, akriko coba memasukkan domain khusus itu dengan mengikuti cara di atas, ternyata berhasil tanpa ada kendala sama sekali. Jadi kemungkinan perlu waktu 1x24 jam untuk bisa memasukkan domain khusus ini ke tumblr supaya bisa terpakai dengan baik di blog tumblr.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Memasang Domain Khusus Pada Blog Tumblr"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih