Toko Online di Facebook Meresahkan

Advertisement
Advertisement
Ini adalah contoh postingan dari peretas akun facebook

Menyimak perbincangan kemarin malam di Metro TV tentang usaha online, maka akriko jadi teringat beberapa pekan lalu tentang toko online di facebook terutama toko online elektronik seperti HP dan Laptop. Sering akriko lihat toko online di facebook menandai orang lain dalam sebuah kiriman yang membuat kiriman mereka bisa muncul di beranda teman yang di tandai dan ini sangat mengganggu. Ada juga kejadian dimana teman akriko di facebook yang selama ini tidak pernah membahas yang nama jualan atau toko online tetapi tiba-tiba mereka berjualan barang elektronik melalui akun facebook mereka. Tetapi akriko menyadari kalau akun itu pasti di retas oleh orang yang tak berniat tidak baik, akriko yakin setiap ada akun teman akriko yang berjualan elektronik di facebook itu adalah akun yang sudah kena retas.

Dari dugaan awal seperti itu ternyata semua itu benar, kurang lebih ada 3 teman akriko yang akun facebooknya kena retas dan dipakai berjualan online. Dari ketiga akun yang di retas, ada satu akun yang sama sekali tidak bisa dipulihkan oleh pemilik akun sehingga dia harus membuat akun baru dan dua lainnya masih bisa dipulihkan meskipun kena retas sampai dua kali. Dari awal akriko sudah tahu itu modusnya pasti penipuan maka ketika akriko ditandai dalam sebuah postingan seperti itu maka akriko pasti berkomentar harap hati-hati dengan postingan ini, bisa jadi ini penipuan supaya yang lain bisa lebih waspada dengan postingan seperti itu.

Nah bagaimana cara supaya akun facebook kita tidak bisa diretas oleh orang jahat untuk kepentingan jahat juga. Sebenarnya gampang sekali untuk menghindari akun facebook kena retas, berikut akan akriko berikan tipsnya:

  1. Yang pertama pasti masalah password yang kuat supaya tidak mudah di tebak oleh peretas dan ganti password secara berkala.
  2. Jangan menampilkan nama pengguna, alamat email dan nomor telepon di profil kamu, setting profil kamu di bagian ini supaya tidak ada yang bisa melihat, kecuali kamu sendiri yang bisa melihat.
  3. Sunting kronologi dan penandaan supaya ketika ada yang menandai kamu di sebuah postingan maka tidak langsung muncul di beranda atau profil kamu.
Ini adalah salah satu percakapan dari calon pembeli dan pemilik asli akun facebook
Nah mungkin hanya itu sedikit cerita dan tips dari akriko kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Toko Online di Facebook Meresahkan"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih