Salah Siapa Anak di Bawah Umur Naik Motor?

Advertisement
Advertisement

Sungguh miris melihat kondisi ini ketika ada seorang anak masih dibawah umur sudah bebas melenggang naik motor di jalan raya isi bonceng temannya lagi. Kali ini akriko dalam perjalanan pulang kampung kira-kira menempuh jarang 80 km dari Denpasar ke Singaraja. Kejadiannya seperti ini ada dua anak naik sepeda motor sama-sama membonceng temannya kira kira estimasi umurnya antara SD-SMP kelas 1, mereka asik mengobrol di jalan berjejer , dalam beberapa detik yang di kanan melambaikan tangan memberi tanda bahwa dia mau pamitan dan mempercepat laju motornya dan akriko kebetulan ada dibelakangnya dan berniat juga untuk menyalip juga, tapi apa yang terjadi, nah yang di kiri tadi mendadak menyalakan lampu reting kanan dan langsung memotong ke kanan dan sepertinya mau menyeberang masuk jalan gang yang kebetulan ada di kanan dan harus menyeberang, untung akriko belum begitu ngebut dan bisa mengendalikan motor sehingga tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan, anak itu pun dengan cuek tanpa merasa ada bahaya yang mungkin bisa mengancamnya dibelakang dan melenggang memotong jalan dan menyeberang masuk ke jalannya, akriko pun cuma bisa geleng kepala melihat kejadian itu.

Anak kecil naik motor itu sangat berbahaya, yang pasti mereka melanggar hukum karena tidak punya SIM karena belum cukup umur, mereka belum tahu pasti cara berlalu-lintas yang baik dan benar intinya mereka cuma tahu gas dan rem saja belum punya pikiran yang panjang kalau mereka melakukan ini itu dijalan resikonya apa, saya yakin anak-anak itu belum paham akan resiko yang bisa mengancamnya di kemudian hari atas apa yang mereka lakukan saat ini. 

Mungkin akan ada banyak pertanyaan yang muncul, ketika melihat hal seperti itu, mungkin pertanyaannya siapa yang mengajari mereka naik motor? kenapa orang tua memberi ijin anaknya yang masih dibawah umur untuk naik motor? Mungkin ada banyak alasan ketika mereka mengijinkan anaknya yang masih dibawah umur untuk mengendarai sepeda motor. Siapa yang bisa disalahkan kalau sudah begini? menurut akriko yang patut disalahkan adalah orang tua, mengapa orang tua mengijinkan anaknya yang masih dibawah umur untuk naik motor? Mungkin alasannya karena mudah dan praktis? tapi bagi akriko itu bukanlah penyelesaian akhir karena jika itu terus berlanjut maka kan membahayakan anak itu sendiri dan juga orang-orang disekitarnya. Seharusnya orang tua memberikan penjelasan kepada anaknya dan menasehati supaya tidak naik motor intinya adalah melarang anak dibawah umur untuk naik motor. Mungkin hanya itu sedikit cerita akriko saat dijalan kemarin, semoga orang tua sadar akan bahaya dari naik motor bagi anak-ank dibawah umur, cintailah anakmu jangan biarkan dia masuk ke jalur yang mungkin bisa mengambil nyawanya lebih dini. terimakasih.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Salah Siapa Anak di Bawah Umur Naik Motor?"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih