Puasa Penuh Saat Hari Raya Nyepi

Advertisement
Advertisement
Puasa mungkin semua orang sudah tahu apa arti dari kata tersebut, mungkin saya tidak perlu jelaskan lagi apa arti puasa secara detail, Puasa itu secara gamblang diartikan tidak makan atau tidak minum disamping itu juga kata Puasa juga bisa bermakna lain tergantung konteks kalimatnya seperti contoh "Sudah lama Puasa gelar Juara Liga", yang sering dipakai dalam bidang olahraga yang artinya sudah lama tidak meraih atau mendapatkan gelar juara liga.

Puasa menurut Hindu adalah tidak sekedar menahan haus dan lapar, tidak untuk merasakan bagaimana menjadi orang miskin yang serba kekurangan dan tidak untuk mengurangi dosa atau menghapus dosa, Puasa menurut Hindu adalah untuk mengendalikan nafsu Indria, mengendalikan keinginan yang selama ini kita bisa penuhi pada hari-hari biasa. Tahun kemarin saat Nyepi tahun Caka 1935 saya sudah pernah juga bercerita tentang Pengalaman Puasa saat Nyepi kali ini juga saya ingin sedikit bercerita tentang pengalaman Nyepi tahun ini yaitu Caka 1936, mungkin ceritanya tidak jauh berbeda dengan cerita tahun lalu.


Puasa Penuh Saat Hari Raya Nyepi
Nyepi Tahun Caka 1934

Nyepi kali ini saya juga bisa menjalankan Catur Brata penyepian yang terdiri dari amati gni artinya tidak menyalakan api atau penerangan, amati karya artinya tidak melakukan pekerjaan, amati lelungaan artinya tidak bepergian dan amati lelanguan artinya tidak mencari hiburan. Dari keempat Catur Brata Penyepian itu saya sudah bisa melakukannya hanya tiga, yaitu Amati Gni, amati Karya dan amati lelungaan, kenapa cuma tiga? karena amati lelanguan itu saya masih sulit untuk mengendalikannya dimana jaman internet seperti ini saya susah untuk tidak browsing walau hanya untuk bersosial media dan membaca berita. 


Puasa itu masuk bagian yang mana dari Catur Brata Penyepian? nah loh...? itu masuk ke amati lelanguan, saya baru sadar, maklum saya bukan pemuka Agama Hindu yang tahu banyak tentang Agama Hindu, saya cuma melaksanakan saja kalau saat Nyepi itu umat Hindu wajib melakukan puasa selama 24 jam. Seperti yang saya tulis diatas mungkin ceritanya tidak jauh beda dari cerita tahun lalu, Nyepi kali ini juga saya puasa tanpa rokok (tidak menyalakan api) karena saya sudah berhenti merokok lebih dari setahun dan saya juga tidak pergi kemana-mana cuma diam dirumah saja dan memang seharusnya seperti itu.

Puasa makan dan minum nah inilah yang agak sedikit susah dilewati karena menahan lapar dan haus selama 24 jam, dari pukul 06.00 saat Nyepi sampai besoknya pukul 06.00 saat Ngembak Geni nah di sanalah letak ujian dari Puasa selama Nyepi dimana kita bisa mengendalikan nafsu kita untuk tidak selalu memenuhinya dan saya pun bisa melewati puasa selama 24 jam itu dengan baik. Setelah melewati puasa makan dan minum selama 24 jam, nah maka pas Ngembak gni baru buka puasa setelah pukul 06.00.

Mungkin makna puasa menurut Hindu seperti itu mungkin agama lain juga tidak jauh beda, selain juga puasa juga baik untuk kesehatan, mungkin saya tidak akan jelaskan manfaat puasa untuk kesehatan karena saya bukan ahlinya, takut memberikan pengertian yang keliru, mungkin kamu bisa cari artikel manfaat puasa untuk kesehatan di tempat lain, nah mungkin hanya itu pengalaman Puasa saat Nyepi kali ini, semoga tahun depan masih bisa melakukannya. terimakasih.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Puasa Penuh Saat Hari Raya Nyepi "

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih