Lebih Baik Mencegah atau Mengobati?

Advertisement
Advertisement

Belakangan ini banyak sekali berita tentang kewajiban untuk mengganti password bagi akun-akun di internet seperti Facebook, Twitter, Google, Yahoo, Tumblr dan masih banyak lagi, entah apa alasannya akriko tidak begitu paham yang pasti hal itu dilakukan supaya akun kita bisa bebas dari peretasan. Password yang bagus akan mempersulit peretas untuk membajak akun kita tetapi jangan sampai lupa dengan password akun sendiri. Bagi orang awam biasanya menganggap password itu tidak begitu penting dan mereka pun membuat password sekedarnya saja atau mudah ditebak dan tingkat keamanannya rendah. Tetapi bagi orang yang paham dunia internet mereka pasti akan membuat password yang bagus dan tingkat keamanan yang tinggi dengan kombinasi huruf angka dan beberapa tanda baca. Untuk menghindari lupa password dan lupa pertanyaan pengamanan maka alangkah baiknya setiap kamu membuat akun di internet maka alangkah baiknya kamu lakukan beberapa hal berikut ini: 

  1. Buatlah akun dengan wajar seperti nama, alamat, usia yang wajar supaya kamu tidak dikira robot atau spam oleh penyedia jasa internet gratis seperti membuat akun Yahoo, Gmail, facebook dan lain-lain.
  2. Buatlah pertanyaan pengamanan yang mudah untuk diingat tetapi juga tidak mudah untuk ditebak, buatlah pertanyaan yang benar-benar pribadi dari dirimu yang kemungkinan orang susah untuk mengetahuinya.
  3. Buatlah password yang mudah diingat tetapi tidak mudah untuk ditebak, gunakan kombinasi huruf, angka dan beberapa tanda baca untuk membuat password yang aman.
  4. Aktifkanlah email cadangan atau verifikasi lewat nomor ponsel untuk jaga-jaga ketika kamu lupa password akun kamu, sehingga mudah untuk mengganti password ketika kamu lupa password akun kamu.
  5. Jika memungkinkan untuk melakukan verifikasi dua langkah seperti Google, maka aktifkanlah itu supaya akunmu semakin aman. Sekarang ini verifikasi dua langkah juga sudah tersedia untuk akun Tumblr.
  6. Gantilah password kamu secara berkala.
  7. Jangan pernah menyimpan password kamu secara otomatis dan ingat selalu logout ketika kamu login di komputer yang dipakai banyak orang, seperti di warnet misalnya.
Nah mungkin hanya itu tips supaya tidak lupa password dan pertanyaan pengamanan dan membuat password yang bagus untuk keamanan akun kamu supaya tidak di retas oleh orang yang tidak bertanggungjawab, semoga berguna dan terimakasih.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

1 Response to "Lebih Baik Mencegah atau Mengobati?"

  1. Lupa pass yahoo email . Lupa pass email alternatifnya juga . Dan no hp di email sudah hilang / hangus . Gmn yaa cara mengembalikannya . Mohon dibantu yaa . Thx .

    ReplyDelete

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih