Cara Katakan Tidak Ketika Ada Yang Mau Pinjam Uang

Advertisement
Advertisement
Ilustrasi Katakan Tidak
Membantu orang memang perbuatan mulia, apa lagi kalau itu adalah teman yang sudah di kenal atau saudara, contohnya ketika ada teman atau saudara yang mau meminjam uang. Mungkin kita akan melihat dulu kondisi mereka apakah benar saat itu mereka sedang benar-benar butuh uang dan memang perlu untuk di bantu, jika memang iya tidak ada salahnya untuk membantu jika kita memang sanggup untuk meminjamkan uang kepada mereka. tetapi kadang perbuatan baik kita berujung pada kekesalan atas sikap mereka yang tidak pernah ingat untuk mengembalikan pinjaman mereka, tapi tidak semua seperti itu (ingat meminjam dan susah untuk mengembalikan) Saat sudah begini maka kita akan berfikir lagi untuk kedepannya jika mereka mau meninjam uang lagi, sudah pasti kita akan mengatakan tidak untuk meminjamkan uang lagi kepada mereka karna kapok uang yang di pinjam tidak di kembalikan lagi, mungkin ada beberapa cara untuk mengatakan tidak ketika ada teman mau meminjam uang seperti saya jelaskan berikut ini:
  1. Pertama katakanlah kalau kamu juga lagi bokek, ini artinya yang akan pinjam uang pasti mengerti kalau orang bokek tidak mungkin bisa meminjamkan uang kepada orang lain. Mungkin pertama mereka tidak percaya, tetapi bisa dijelaskan bagaimana sebenarnya kondisi keuangan kamu sehingga kamu tidak bisa meminjamkan uang.
  2. Tetap tenang dan sopan, artinya menolak dengan cara halus artinya tidak memaki atau menghina mereka karena mau meminjam uang, pastikan mereka tidak tersinggung dengan cara kamu mengatakan tidak.
  3. Mencoba memberi bantuan lain selain uang, artinya mungkin saat ini kalau memberi pinjaman uang kamu tidak bisa penuhi, maka tawarkanlah bantuan lain misalnya memberikan suport atas keadaannya saat ini atau memberikan solusi lain selain meminjam uang di kamu.
  4. Tunjukkan sikap bersalah atau kecewa artinya kamu memang benar-benar menyesal karena tidak bisa membantunya dan mintalah maaf atas situasi ini.
  5. Menghindar, ini artinya sudah pasti menolak untuk bertemu dengan mereka yang mau meminjam uang, menghindar adalah salah satu cara jika semua cara di atas sudah tidak mempan, yang pasti kita akan merasa sangat terganggu jika terus di cari untuk dipinjami uang.
Mungkin hanya itu tips kali ini yaitu cara mengatakan tidak ketika ada orang yang mau meminjam uang, semoga bermanfaat , tapi ingat jangan jadikan alasan untuk tidak membantu ketika masih bisa membantu, semoga berbahagia. Terimakasih.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

2 Responses to "Cara Katakan Tidak Ketika Ada Yang Mau Pinjam Uang"

  1. Kalau saya paling sering pake cara pertama. Pura2 bokek. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alasan klasik ketika harus menolak meminjamkan uang... dan pasti manjur... :)

      Delete

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih