Politik Mulai Merambah Dunia Maya Seperti Twitter untuk Kampanye

Advertisement
Advertisement
Gambar dari  Internet
Entah dari mana awalnya saya mulai mengetahui kalau saya mulai terlibat secara tidak langsung dengan dunia politik, seingat saya di dunia maya jarang sekali ada kampanye politik dari calon pemimpin yang akan bertarung di ajang pemilihan kepala daerah. Saya punya akun twitter sejak bulan april 2010, dan bukan hanya satu akun saja, bahkan sampai lima akun yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda, ada akun pribadi ada juga akun untuk publik, tetapi di sini saya tidak akan membahas tentang semua itu.

Dunia maya hampir sama dengan dunia nyata, di mana ada interaksi atar sesama manusia baik yang dikenal di dunia maya saja atau kenal di dunia nyata dan dunia maya sehingga akan terjadi hubungan sosial yang tidak terbatas oleh waktu dan jarak dan menyangkut kehidupan pribadi atau pun kehidupan di sekitarnya dalam waktu yang tidak bisa ditentukan. Maka dari itu banyak hal yang mungkin bisa didapatkan dari interaksi di dunia maya.

Seperti halnya tokoh yang terkenal, di dunia maya juga ada yang bisa di bilang seperti tokoh, entah itu tokoh terkenal dari dunia nyata yang terjun di dunia maya atau tokoh anonim di dunia maya yang diketahui banyak para peselancar dunia maya. Contohnya seperti twitter, merupakan salah satu jejaring sosial yang paling jitu di pakai untuk mencari pengikut dengan syarat akun tersebut memiliki konten yang menarik, bermanfaat dan kontinyu didalam berbagi konten tersebut contohnya adalah akun-akun kata bijak, humor dan lain-lain akun anonim yang interaktif.

Jika dihubungkan dengan dunia politik sekarang ini, maka ada beberapa partai politik yang mulai merambah dunia twitter untuk berkampanye, seingat saya yang pertama kali merambah twitter untuk berkampanye adalah Pilgub Jakarta yang sudah lewat, dari sana saya tahu bahwa partai pengusung salah satu pasangan cagub dan cawagub Jakarta berkampanye di twitter, bukan hanya di Jakarta saja, dimana ada partai tersebut dalam Pemilukada maka disana ada kampanye di twitter tentang pasangan calonnya.

Yang saya ingin amati di sini adalah bagaimana kampanye lewat twitter itu dilakukan apakah sudah maksimal dan sesuai dengan target apa yang ingin dicapai sebelumnya, Namanya juga kampanye untuk Pemilukada jadi sudah pasti hanya menyangkut wilayah tertentu saja seperti Jakarta yang sudah lewat, Jabar yang akan segera berlangsung dan disusul oleh pemilukada Bali pada bulan mei nanti. Pertanyaan saya adalah mengapa kampanye pemilukada kok bisa kampanye yang dilakuak nyasar ke daerah lain? Seperti Pilgub Jakarta kemarin, kenapa akun untuk kampanye tersebut bisa mengikuti akun orang yang berada di luar Jakarta atau Pilkada Jabar sekarang mengapa akun pasangan calon bisa mengikuti akun dari luar Jabar seperti Bali atau daerah lainnya!

Mungkin jawabannya akan bermacam-macam, tetapi kalau menurut saya itu kampanye yang kesasar, masak pemilukada di Jabar kok kampanye di Bali? Dan saya rasa itu tidak akan maksimal, alangkah baiknya kalau mencari akun yang ada pada daerah itu juga, selain itu akun kampanye tersebut tidak mau mengadakan kerjasama dengan akun yang sudah punya banyak pengikut untuk mempromosikan pasangan calon mereka, entah apa alasanya saya tidak tahu, seberapa besarkah twitter ini mendongkrak popularitas dan perolehan suara saat pemilukada, sampai saat ini saya tidak tahu karna tidak ada hasil survei yang menunjukkan hal itu, jadi apakah kampanye via twitter itu maksimal atau tidak? Itu tergantung adminnya sebesar apa pengetahuannya tentang dunia maya terutama twitter.


Seperti saat ini di Bali sedang akan di gelar Pilgub pada bulan mei nanti, ada tiga calon pasangan Cagub dan Cawagub, ketiga calon tersebut masih belum lolos verifikasi, karna masih ada beberapa berkas belum lengkap, tetapi meskipun demikian semua calon sudah melakukan kampanye baik media cetak, elektronik dan pastinya twitter seperti yang dilakukan oleh salah satu calon pasangan Cagub dan cawagub dari partai yang sudah biasa kampanye lewat twitter. Saya tidak akan menyebutkan nama partai atau pun nama akun twitternya disini karna saya tidak mau di bilang sebagai pendukung salah satu calon, saya hanya akan terus mengamati perkembangan akun itu saja, sejauh mana peran penting twitter dalam setiap pemilukada bahkan pada saat Pemilu presiden nanti, mungkin hanya itu yang ingin saya ceritakan semoga bisa bermanfaat dan saya ucapkan terimakasih. 
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Politik Mulai Merambah Dunia Maya Seperti Twitter untuk Kampanye"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih