Tips memasang Iklan dan Melayani Calon Pembeli Online

Advertisement
Advertisement

Sebenarnya dari dulu saya ingin punya toko online, tetapi sampai saat ini saya belum bisa merealisasikannya karena banyak alasan. Pernah membuat blog khusus untuk toko online tetapi Cuma buat pajangan saja sampai saat ini belum beroperasi layaknya seperti toko online, mudah-mudahan suatu saat nanti bisa berguna dan menjadi kenyataan untuk saya bisa memiliki toko online. Beberapa waktu yang lalu saya bermaksud menjual HP bekas karena sudah tidak dipakai, maka saya memutuskan untuk memasang di salah satu situs jual beli terbesar di Indonesia, kebetulan saya sudah punya akun disana dan saya pun mulai mencoba untuk memasang iklan.

Pertama kali pasang iklan, iklan saya di tolak karena tidak sesuai dengan kriteria iklan yang akan saya pasang, setelah mencoba untuk kedua kalinya akhirnya iklan saya bisa terbit dan saya pun menunggu orang yang akan menawar HP yang saya iklankan tadi, setelah satu hari akhirnya ada orang yang menawar HP saya tersebut melalui SMS. Mungkin saya tidak akan bercerita banyak tentang bagaimana saya melayani calon pembeli tersebut tetapi sebelum itu saya akan memberikan tips ketika akan memang iklan di salah satu situs jual beli yang ada sekarang ini, baiklah saya akan mulai saja.
  1. Pilihlah foto atau gambar dari barang yang akan diiklankan, sebaiknya mengambil foto dari berbagai arah supaya calon pembeli bisa melihat barang dengan puas dan usahakan pasang foto semaksimal mungkin yang disediakan oleh situs jual beli tersebut.
  2. Usahakan menulis dengan detail keadaan atau kondisi barang dengan benar tanpa menipu atau membuat hal yang merugikan calon pembeli.
  3. Buatlah tulisan atau narasi tentang barang yang akan dijual dengan tulisan yang baik tanpa disingkat-singkat penulisannya supaya bisa dibaca dengan mudah dan tidak membuat pembaca salah persepsi.
  4. Pastikan juga anda tahu harga pasar pada satu lokasi, atau setidaknya anda membandingkan harga yang akan anda tawarkan dengan harga yang sudah ada, supaya anda tidak menjual barang terlalu mahal atau terlalu murah.
  5. Pastikan isi harga nego supaya orang lebih berminat untuk menawar, karena jika harga pas mungkin orang tidak begitu tertarik untuk menawar dan jangan lupa juga sistem pembayarannya biasanya kebanyakan COD (Cash On Delivery)
  6. Sebelum iklan di posting sebaiknya baca terlebih dahulu narasi yang tadi dibuat dan harga yang ditawarkan supaya tidak terjadi kesalahan dan tidak mengalami mordenisasi berkali-kali atau terlalu lama.
  7. Setelah itu selesai maka tinggal menunggu ikaln diterbitkan setelah melewati mordenisasi dan siap menunggu sms atau telpon dari calon pembeli.
Setelah iklan diterbitkan maka sudah pasti akan ada orang yang tertarik dengan barang yang anda iklankan dan tentu saja orang yang menawar akan datang dari bermacam-macam tipe maka sebaiknya selalu care dengan calon pembeli seperti yang saya jelaskan dibawah ini berdasarkan pengalaman saya.
  1. Jika Ada sms yang masuk untuk menawar barang jangan buru-buru di balas biarkan dulu selama beberapa jam sambil menunggu calon pembeli yang lainnya.
  2. Biasanya calon pembeli akan bertanya dulu "apakah barangnya masih ada?" atau langsung menawar dengan harga yang mereka tawarkan untuk barang yang dijual tadi.
  3. Sebaiknya balas sms sesuai dengan pertanyaan dan langsung juga tanyakan dengan siapa dan lokasinya dimana untuk memilih calon pembeli yang potensial, misalnya lokasinya berdekatan atau harganya yang lebih mahal.
  4. Setelah beberapa kali bernegosiasi maka akhirnya sepakat dengan harga dan setuju untuk bertemu, biasanya calon pembeli ingin mengetahui fisik barang terlebih dahulu sebelum benar-benar deal untuk membeli barang tersebut.
  5. Kadang ada juga calon pembeli yang ingkar janji, sudah janji mau ketemu untuk melihat barang tetapi setelah ditunggu-tunggu tidak datang juga, setelah lama menunggu ternyata tidak datang maka sebaiknya di sms saja " maaf tolong konfirmasi kapan anda bisa datang melihat barang, jika lewat dari jam yang telah saya tentukan maka saya anggap anda tidak jadi beli. terimakasih!"
  6. Jika sudah lewat beberapa jam dari waktu yang ditentukan, maka anggaplah calon pembeli tersebut batal dan beralihlah ke calon pembeli yang lain dengan cara yang sama sampai barang benar-benar sudah terjual.
  7. Intinya tetap berlaku sopan dengan setiap calon pembeli supaya mereka merasa senang dan tidak kecewa.
Mungkin hanya itu yang bisa saya jelaskan semoga bisa bermanfaat dan saya ucapkan terimakasih.

Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Tips memasang Iklan dan Melayani Calon Pembeli Online"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih