Modus Penipuan yang Kuno dan tidak Mungkin Berhasil Menipu Saya.

Advertisement
Advertisement
Masih heran juga dengan modus-modus penipuan melalui sms, saya kira sudah tidak ada lagi modus penipuan sms minta pulsa atau minta di kirim uang dengan menyebutkan rekening tujuan beserta nama pemilik rekening via sms. Sudah lama sekali saya tidak menerima sms penipuan seperti itu dan saya pun jarang sekali menggubris sms seperti, kalau saya lagi iseng kadang sms seperti itu saya balas dengan kata-kata yang sopan dan berisi tawaran permintaan yang lebih besar, contohnya: "apa pulsa 25rb cukup? Saya kasih yang 50rb, mau gak??" Atau untuk transfer uangnya saya jawab dengan kata-kata berikut "waduh maaf, kebetulan Saya tidak punya rekening bank tersebut, lewat LPD bisa gak?? " Herannya dengan modus sms seperti itu, berapa persenkah tingkat keberhasilan mereka menipu? Saya rasa prosentasenya sekitar 10% karena saya yakin akan jarang sekali orang yang percaya atau terjebak dan percaya oleh sms penipuan seperti itu.

Meskipun menurut saya modus ini tidak begitu manjur, tetapi mereka masih melakukannya, saya jadi bertanya-tanya apa mereka bisa mendapatkan hasil dari sms murahan seperti itu, saya yakin tidak mendapatkan hasil, semoga semua penipu seperti itu tidak ada yang mendapatkan hasil dari pekerjaan mengirim sms tipu-tipu seperti itu dan semoga mereka (penipu) itu segera sadar bahwa yang mereka lakukan itu tidak benar dan jika ketahuan bisa terjerat hukum. 

Pertanyaan yang muncul adalah, apakah bisa dilaporkan ke pihak terkait atau polisi jika kita menerima sms seperti itu? Apa polisi mau menerima kasus seperti itu dan mengusutnya sampai ketemu pelakunya? Saya orang yang tidak tahu dan tidak paham masalah hukum di Indonesia, karena Hukum yang ada di Indonesia banyak versinya, seperti aplikasi ada yang gratis dan ada yang berbayar. 

Mendingan gak usah bahas masalah hukum, mending bahas bagaimana caranya dan apa yang harus dilakukan jika kita menerima sms seperti itu, yang harus di lakukan adalah: 

  1. Baca sms dengan benar dari nomor pengirim sampai isi pesan, jika anda merasa nomor itu asing dan tidak ada janji untuk mengirim pulsa atau uang sebelumnya, maka alangkah baiknya sms itu di abaikan saja. 
  2. Jika sudah baca sms tadi, maka jangan pernah menyebarluaskan sms itu kepada siapapun lewat apapun, jika mau menginformasikan di jejaring sosial, pastikan anda mengisi tambahan narasi. 
  3. Cukup diamkan saja sms seperti itu, tidak usah diladeni, nanti juga tidak akan muncul lagi, karna biasanya sms seperti itu dengan nomor yang sama cuma muncul sekali saja.
  4. Intinya jangan panik atau mudah percaya terhadap sms tawaran yang berbau penipuan, silahlan cari dulu informasi yang benar. 
  5. Jangan pernah memberikan nomer rekening atau nomer PIN ATM atau jika ada yang menanyakan, karna itu sangat memungkinkan rekening anda di Bobol. 
Mungkin hanya itu yang bisa saya berikan untuk hari ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua, saya ucapkan terimakasih!
Advertisement
BERITA TERKAIT :

2 Responses to "Modus Penipuan yang Kuno dan tidak Mungkin Berhasil Menipu Saya."

  1. Kalau ndak salah di tvOne beberapa waktu lalu pernah menayangkan liputan khusus tentang penipuan dengan modus sms seperti ini. Ternyata para penipu itu punya peralatan lengkap berupa sekian banyak sim card, modem dan komputer yang digunakan mengirimkan sms penipuan ke jutaan nomor. Katanya ada saja yang tertipu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya gak sempat nonton berita itu, pantesan mereka gak pernah bales sms, wah canggih juga yak...

      Delete

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih