Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 67 tahun

Advertisement
Advertisement
DP BBM
Pada tanggal 17 Agustus 2012 besok, Indonesia akan memperingati hari kemerdekaan yang ke-67 tahun, jika dibandingkan dengan manusia, usia 67 tahun itu adalah usia yang sudah tua tidak produktif lagi dan sudah akan pensiun. Saya tidak akan membahas apa yang akan terjadi pada Indonesia di Usianya yang ke 67 tahun, Saya akan lebih cenderung untuk melihat disekitar lingkungan saja, apa yang terjadi dan bagaimana mereka memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

Dimulai dari kegiatan sehari-hari, hampir setiap hari lalu-lalang di jalanan, sampai pada hari ini, saya masih jarang melihat bendera yang ada dimotor atau dimobil yang saya lihat dijalan, dan saya pun jarang melihat penjual bendera dipinggir jalan, apa mungkin kejadian ini ada imbasnya karna menjelang Lebaran? saya tidak tahu yang jelas saya tidak akan menceritakan apa penyebab sesungguhnya, mungkin saya bisa menceritakan apa yang terjadi dimasyarakat.

Mengenai jarangnya warga yang memasang bendera di kendaraan bermotor atau didepan rumah sampai hari ini, mungkin bisa dibilang kalau jiwa nasionalismenya sudah berkurang, tidak ada semangat untuk menaikkan bendera atau memasang bendera merah putih, mengapa terjadi seperti itu, mungkin menurut saya adalah, pemerintah yang tidak bertanggungjawab terhadap rakyatnya, terlalu banyak hal-hal kecil yang tidak dihiraukan pemerintah, korupsi dimana-mana, proyek besar yang membuang-buat duit negara, jalanan yang tak pernah bagus untuk dilalui, apa lagi menjelang mudik, masih banyak proyek jalan yang belum selesai.

Sangat tidak masuk akal jika semua itu menjadi alasan, tetapi apapun alasan mereka jika mereka tidak memasang bendera dirumahnya, itu mencerminkan semakin tahun nasionalisme warga semakin kecil, Banyak dari mereka yang sibuk bekerja untuk bisa memenuhi kehidupan sehari-hari, mereka tidak peduli dengan hari kemerdekaan.

Tetapi saya heran ketika ada ajang mendunia seperti Piala dunia atau yang terakhir adalah Euro 2012, banyak saya lihat bendera-bendera negara peserta yang dipasang didepan rumah dan dengan ukuran yang besar, dan sepanjang laga masih ada maka bendera tersebut akan tetap diatas. Kenapa hanya untuk menaikan bendera merah putih yang setahun sekali ini sangat susah untuk dikerjakan.

Saya tidak bisa berbuat banyak karna nasionalisme itu dimulai dari kesadaran diri sendiri, jika semua sudah sadar maka otomatis akan menyadarkan semua orang dan menumbuhkan persatuan dan kesatuan dan tidak terjadi lagi konflik antar suku, golongan dan agama yang paling sering terjadi. Pemertintah harus sadar terhadap apa yang dibutuhkan rakyatnya, saya berharap Korupsi akan hangus dibumi Indonesia supaya Indonesia menjadi lebih baik. 


Advertisement
BERITA TERKAIT :

2 Responses to "Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 67 tahun"

  1. Euro waktu ini memang luar biasa!! Bendera eropa berkibar dengan megahnya. Luasnya bisa mencapai 3+ meteran. Waktu itu saya berpikir dalam hati:

    "Kalau 17 Agustus nanti, apakah bapak (pemilik rumah) ini akan memasang bendera yang sama besarnya untuk Indonesia?"

    Saya memantaunya (walaupun tidak disengaja). Dan ternyata bendera merah putih yang berkibar lebih besar dari bendera eropa yang dulu pernah ada di sana.

    Tidak semua warga kehilangan rasa nasionalismenya, tidak semua warga rasa nasionalismenya berkurang, mengibarkan bendera merah putih bukan berarti orang tersebut memiliki rasa nasionalisme yang tinggi, begitu juga sebaliknya.

    Dulu saya telah salah menilai beberapa pecinta bola, saya menyesal. Ternyata logikanya adalah, jika ia mampu membeli bendera eropa sebesar itu, maka bendera Indonesia pun pasti mampu ia beli dan kibarkan di rumahnya.

    Merdeka!

    ReplyDelete
  2. Bukan, bukan keliru, mungkin beda tempat beda juga jumlah bendera yang bisa dilihat. . .

    ReplyDelete

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih