Kelebihan dan kekurangan Menulis di Catatan Facebook

Advertisement
Advertisement
Banyak sekali media yang gratis di internet untuk bisa menampung sebuah tulisan, baik berupa personal blog atau sebuah media umum yang siapa saja bisa menulis. Dimulai dari blog, ada berberapa ang menyediakan Blog gratis seperti Blogspot, contonya seperti blog saya ini, Wordpress, contohnya seperti blog saya ini, Posterous seperti blog saya ini dan lain-lain, bahkan da beberapa Media nasional yang kusus menyediakan tempat menulis atau sering disebut citizen journalis  seperti kompasiana , blog detik dan lain-lain, tetapi saya tidak akan membahas semua itu, saya akan lebih membahas media menulis yang lain, mungkin sudah sering mendengar dan melihat bahkan sehari-hari sudah memakai, tetapi anda kurang peduli atau memang tidak tahu.

Saya sudah pernah membahas ini di twitter, tetapi Cuma sedikit dan tidak detail, dan saya akan mebahas secara detai disini. Baiklah saya tidak akan berbasa-basi lagi, mediayang saya maksud adalah Facebook, dalam facebook itu ada fitur yang disebut catatan, baik untuk akun personal atau halaman, dimana kita bisa menulis layaknya seperti menulis di Bog, karna ini adalah media social jadi tidak begitu lengkap seperti yang disediakan oleh Blog, adapun kelebihan dan kekurangannya adalah sebagai berikut:

Menulis diblog pribadi memang menyenangkan, apa lagi bog banyak dikunjungi dan dikomentari, tentu anda akan semakin bersemangat menulis diblog, tetapi setiap sesuatu pasti ada kekurangna dan kelebihan seperti kelebihannya adalah:

  1. Jika anda menulis diblog pribadi seperti yang saya jelaskan diawal, maka anda bisa merancang tampilan blog anda menjadi lebih bagus.
  2. Anda bisa membuat tulisan yang berisi video atau gambar  baik milik anda pribadi atau mencari dimesin pencari.
  3. Anda tidak mengeluarkan biaya apapun untuk membuat blog, kecuali biaya internet dan membeli domain pribadi dan hosting.
  4. Anda bisa mengetahui trafik blog anda dan sejauh mana perkembangan blog anda
  5. Anda bisa menghasilkan uang dari blog anda bila banyak yang beriklan diblog anda.
  6. Dan masih banyak lagiyang tidak saya sebutkan disini, bagi seorang blogger, mungkin sudah tahu semua itu.
Bila ada kelebihan maka sudah pasti ada kekurangan seperti:
  1. Blog anda tidak bisa diakses oleh paket BIS gaul.
  2. Blog anda harus punya pengaturan SEO yang bagus supaya terindek oleh mesin pencari.
Jika anda suka menulis tetapi tidak punya media seperti blog diatas, maka catatan Facebook adalah pilihan yang paling tepat, mengapa seperti itu? Nah sekarang akan saya jelaskan dari keuntungannya adalah:
  1. Tulisan anda bisa dibaca oleh siapa saja, baik teman dan orang bukan teman anda di facebook, asalkan setelan privasinya dirubah menjadi publik.
  2. Anda tidak perlu pusing untuk mengatur SEO, karna memang tidak bisa datur, dan saya yakin yang memakai facebook tidak banyak yang tahu SEO.
  3. Jika anda menulis di catatan Facebook, tulisan anda bisa diakses oleh internet apa saja, dari PC, mobile internet dan bahkan dengan Paket BIS yang gaul, sangat menarik bukan?
  4. Jika anda seorang penulis yang iklas tanpa mementingkan trafik dan pengunjung atas tulisan anda, maka catatan facebook adalah pilihannya.
Adapun banyak kelemahan jkaanda harus menulis di catatan facebook adalah:
  1. Anda tidak bisa merancang tapilan catatan facebook anda.
  2. Nada tidak bisa menambahkan video, foto atau link ditulisan anda.
  3. Anda tidak bisa menghasilkan uang dri ikaln jika anda menulis di catatn facebook, yang tambah kaya adalah facebook.
  4. Anda tidak bisa mengetahui berapa yang berkunjung ditulisan anda dan berapa kali tulisan anda dibaca.
  5. Dan masih banyak lagi kekurangannya.
Saya berharap suatu saat facebook akan memeperbaiki fitur catatan ini akan bisa mendekati blog yang ada, maka mungkin akan semakin banyak orang yang memakai fitur catatan facebook untuk menulis, misalnya kita bisa memposting video, foto atau link di dalam tulisan dan bisa melihat berapa orang yang sudah membaca tulisan kita. Semoga facebok  akan membaca tulisan saya ini dan segera melakukan gebrakan atas fitur catatan ini. Sekian dan terimakasih.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Kelebihan dan kekurangan Menulis di Catatan Facebook"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih