Pemakaian kata Unduh, Unggah, Download dan Upload yang tepat

Advertisement
Advertisement
Sebenarnya tadi saya mau membaca tulisan ini Vario Techno 125 PGM-FI Makin Hemat Dan Tangguh setelah saya klik malah muncul gambar seperti ini di layar komputer saya :
13317217401762903568
Setelah muncul gambar tersebut, lalu saya klik link Term & Condition tersebut, maka muncullah Gambar seperti ini:
1331721767682723252




Setelah itu saya tidak membaca dari awal sampai akhir, yang saya cari adalah langsung ke isi nomor enam (6) yaitu masalah konten,  karna menurut saya tulisan itu isinya pasti melanggar Term & Condition tersebut. Disana ada tulisan yang memakai bahasa Indonesia dan bahasa inggris yang di kurung, seperti yang bisa dilihat di Gambar.

Melihat Hal tersebut saya jadi penasaran dan ingin sedikit membahas tentang satu kata yang menurut saya itu kurang tepat dan keliru antara kata yang berbahasa Indonesia dan kata yang berbahasa Inggris. Ya itulah kata yang saya lingkari dengan garis merah.

Mungkin sudah banyak yang sudah tahu dan familiar dengan kata-kata seperti Download atau Upload bagi mereka yang suka mendowload lagu atau video dan juga suka upload foto di situs jejaring sosial, Mungkin kebanyakan situs yang memakai bahasa inggris sudah pasti memakai kata tersebut, nah bagaimana dengan situs yang berbahasa Indonesia? Mungkin ada yang memakai kata Download/Upload atau ada juga yang memakai kata Unduh/Unggah.

Dari kedua bahasa Inggris dan kedua Bahasa Indonesia itu, banyak yang masih bingung antara memakai kata Download atau Upload dan Unduh atau Unggah. Mungkin untuk yang berbahasa Ingris sudah tidak membingungkan karena sudah sering dipakai dimana-mana. Nah masalahnya adalah ketika memakai kata Unduh dan Unggah, mungkin sebagian atau lebih dari teman-teman kompasiana sudah tahu itu, tetapi mungkin masih  banyak juga yang kadang keliru dan bingung memakai kata Unduh atau Unggah.
Dari kedua kata diatas saya akan mencoba memberikan contoh kalimat dengan memakai kedua kata tersebut:
  • "Tadi saya download lagu di situs www.lagulaguiniitu.net" nah dari kalimat tersebut mungkin sudah tahu arah kerja dari kata kerja tersebut, yaitu menyimpan file dikomputer yang diambil dari situs internet.
  • "Saya suka upload foto ke facebook atau twitter" nah dari kalimat tersebut mungkin sudah paham arah kerja dari kalimat tersebut, yaitu menambahkan foto ke situs internet yang diambil dari file komputer, jadi kebalik dengan contoh yang pertama.

Untuk contoh dalam bahasa yang memakai kata Unduh dan Unggah:

  • "Tadi saya Mengunduh lagu di situs www.lagulaguiniitu.net" nah dari kalimat tersebut mungkin sudah tahu arah kerja dari kata kerja tersebut, yaitu menyimpan file dikomputer yang diambil dari situs internet.
  • "Saya suka MengUnggah foto ke facebook atau twitter" nah dari kalimat tersebut mungkin sudah paham arah kerja dari kalimat tersebut, yaitu menambahkan foto ke situs internet yang diambil dari file komputer, jadi kebalik dengan contoh yang pertama.

Dari contoh yang memakai kata Unduh dan Unggah tersebut, kadang terbalik antara harus memakai kata Unduh atau Unggah, karna sering terjadi seperti ini contoh: "Tadi saya MengUnggah lagu di situs www.lagulaguiniitu.net" mungkin maksudnya mendownload tetapi memakai kata yang salah, yang benar adalah seperti contoh diatas, atau sebaliknya "Saya suka MengUnduh foto ke facebook atau twitter" mungkin maksudnya mengUpload, tetapi memakai kata yang salah.

Mungkin ini gambar terjemahan kata unduh dan unggah jika diterjemahkan dengan Google terjemahan:
13317217921548022247
Jadi apakah menurut anda tulisan yang saya lingkari diatas itu benar atau salah, mungkin sebelumnya sudah ada yang pernah membaca tulisan tersebut, saya tidak akan mengatakan tulisan itu benar atau salah tapi saya akan mengatakan itu keliru, karna menurut google terjemahan hasilnya seperti itu. Jadi kesimpulannya adalah Download itu sama dengan Unduh sedangkan Upload itu sama dengan Unggah, jangan sampai terbalik. Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih.
Advertisement
BERITA TERKAIT :

0 Response to "Pemakaian kata Unduh, Unggah, Download dan Upload yang tepat"

Post a Comment

Silakan berikan komentar Anda dengan baik, silakan gunakan Bahasa Indonesia dengan baik supaya mudah dibaca oleh pengunjung lain, terimakasih